Banyaknya masyarakat yang tertipu dengan berita HOAX di media sosial, akhirnya membuat Kabid Humas Polda Metro Jaya beserta Pakar SEO & IT angkat bicara untuk membeberkan cara-cara mendeteksi kebenaran dari berita-berita yang palsu (HOAX). Cara yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Lihat judul berita tersebut.
  2. Lihat sumber berita tersebut dari media apa.
  3. Cek berita atau judul berita tersebut melalui mesin pencari, seperti Google, Yahoo, BING, Yandex dengan cara ketik judul berita tersebut pada mesin pencari tersebut.
  4. Jika berita tersebut akurat dan bisa dipertanggung jawabkan maka secara otomatis search engine atau mesin pencari akan index semua link link berita tersebut beserta sumber sumber media mainstream yang terpercaya seperti, Detik, Kompas, Liputan6, Halodunia, dan lain-lain.

Dalam waktu yang bersamaan, pakar SEO & IT M. Khoirul Amin S.H., S.Kom., M.Kom. yang juga sebagai pencipta SKCK Online, juga membenarkan teori-teori yang disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono dalam beberkan cara mendeteksi Berita Hoax tersebut.

LEAVE A REPLY