Berita Pasuruan – Pemkab Pasuruan akan fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif tahun 2018. Sektor pariwisata dinilai sangat potensial dikembangkan untuk menggerakkan ekonomi kreatif dan kerakyatan.

“Potensi pariwisata di Kabupaten Pasuruan harus dikembangkan agar mampu menjadi daya ungkit penggerak ekonomi kreatif yang memiliki multiplier effect yang tinggi, sehingga perlu langkah strategis untuk mengembangkannya,” kata Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam Penyusunan RKPD Kabupaten Pasuruan tahun 2018, di pendopo kabupaten, Senin (27/3/2017).

Kabupaten Pasuruan memiliki potensi pariwisata yang luar biasa besar. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata edukasi, wisata pertanian dan perkebunan, wisata sejarah hingga wisata religi. Sayang, potensi luar biasa tersebut belum dikelola secara maksimal.

“Jika sektor pariwisata bisa dikembangkan dan dikelola dengan maksimal dan ekonomi kreatif di sekitar lokasi-lokasi wisata bertumbuh, maka otomatis dapat menumbuhkembangkan daerah sentra-sentra ekonomi kerakyatan yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Gus Irsyad.

Semua program dan usulan dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan mengacu pada fokus pembangunan 2017 ini yakni, pemerataan investasi guna menekan disparitas wilayah. Sebagaimana fokus pembangunan 2017 mengacu pada fokus pembangunan tahun sebelumnya.

“Saya tekankan agar usulan program atau kegiatan yang disampaikan benar-benar mengacu pada prioritas pembangunan tahun keempat, sebagaimana tertuang di dalam RPJMD Kabupaten Pasuruan tahun 2013-2018, yang pada akhirnya bermuara pada terwujudnya kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat Kabupaten Pasuruan,” terang bupati yang memimpin Pasuruan sejak 2013 ini.

Ia juga berharap agar semua komponen masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan sehingga menghasilkan program-program yang baik dan bagus.

“Semuanya saya harap kompak demi kemaslahatan warga Pasuruan. Saya dan Mas Gagah (Wakil Bupati Riang Kulup Prayudha) kompak selama empat tahun memimpin Pasuruan. Meski banyak pihak yang coba mengadu domba tapi tetap kompak,” pungkasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Pasuruan Bambang Abimanyu menambahkan, Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) akan dilanjutkan 2 hari ke depan tanggal 29-30 di Finna Golf, Prigen. Dari pelaksanaan Musrenbang Kecamatan telah menghasilkan 5954 usulan kegiatan dengan nilai usulan sebesar Rp 3,202 triliun.

“Setelah dibawa ke Forum OPD dan pra Musrenbang Kabupaten, maka diperoleh usulan program yang menjadi bahan pembahasan dengan memperhatikan fokus pembangunan di tahun 2018 ini,” ungkapnya.

Pembukaan Musrenbang ini dihadiri Wakil Bupati Riang Kulup Prayudha, Ketua Tim Penggerak PKK Lulis Irsyad Yusuf, Ketua DPRD Sudiono Fauzan, Kapolres Pasuruan AKBP Muhammad Aldian, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo dan segenap unsur Forkopimda Kabupaten Pasuruan serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan camat se-Kabupaten

1 COMMENT

LEAVE A REPLY