wonokitri-bromoBeritapasuruan – Wonokitri adalah desa terakhir yang terdapat di gunung bromo apabila anda menuju gunung bromo melalui jalur Pasuruan. Desa Wonokitri juga merupakan gerbang masuk dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Di desa Wonokitri terdapat banyak layanan jasa untuk memfasilitasi anda dalam menikmati Wisata Gunung Bromo seperti Sewa Jeep Bromo dan Homestay Bromo

Wisata ke Pegunungan Bromo melalui jalur akses wilayah Kabupaten Pasuruan memang memiliki beberapa kelebihan, tetapi agak sedikit merepotkan bagi mereka yang menggunakan kendaraan umum. Dari Kota Pasuruan kendaraan umum yang ada hanya terbatas sampai Desa Pasrepan saja, sedang bila dari Purwodadi Kabupaten Pasuruan hanya terbatas sampai di Nongkojajar (Tutur ). Selanjutnya yang ada hanya kendaraan roda dua yang disebut Ojek. Tetapi kelebihannya , wisatawan setelah maupun akan ke Bromo bisa menyinggahi beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan karena lokasinya saling berdekatan.

Sedang jalur rute yang anda lalui adalah Surabaya Bangil Pasuruan Kota menuju arah Selatan Perempatan Warung Dowo belok kiri menuju pertigaan Ranggeh / Gondang Wetan ( penghasil Salak kersikan ) belok Kanan menuju Pasrepan ( Penghasil Durian, Mangga, Petai ) dari pasrepan kondisi jalan naik dan berkelok menuju Puspo ( penghasil Susu Sapi ) selanjutnya anda akan masuk wilayah Tosari.

Di Tosari anda bisa bermalam di HotelĀ  atau juga bisa di home stay yang tersebar di Desa Tosari dan Wonokitri. Selama di Tosari anda bisa melakukan Touring sendiri (anda banyak Pemandu ) maupun ikut paket wisata Desa Tour yang sudah disediakan oleh hotel maupun Home Stay( tarifnya terjangkau ).

Jalur Akses Bromo Tosari Wonokitri Nongkojajar Tutur PasuruanPaket Bromo Tour : Anda akan dibangunkan pukul 03.00 wib ,selanjutnya setelah anda minum kopi ataupun menyantap makanan kecil lainnya, pkl.03.30 wib anda akan dibawa dengan kendaraan jeep Hard Top menuju Penanjakan. Di Wonokitri anda harus berhenti sejenak untuk bayar Ticket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( harga ticket dibedakan antara Wisman dan Wisnu serta ada peraturan peraturan lain yang harus di patuhi oleh pengunjung).

Pastikan anda memakai pakaian yang tebal / jaket karena suhu dilaut pasir dan penajakan sangat dingin bagi ukuran oarng Indonesia ( rata rata dibawah 10 C ).sampai dipenajakan anda harus jalan kaki menuju menara pandang untuk menunggu matahari terbit ( Sun Rise ), Karena waktu tiba di Penanjakan masih gelap, sebelum turun dari Jeep Pastikan anda hafal dengan sopir dan kendaraan yang anda sewa. Setelah melihat Matahari Terbit ( sunrise). Selanjutnya turun melewati laut pasir lagi menuju Kawah Bromo, anda tidak bisa langsung sampai di bibir tangga kawah Bromo tetapi anda harus jalan kaki tapi lebih baik gunakan jasa sewa kuda karena jaraknya cukup jauh.

Sampai dibibir kawah Bromo puas puasin dech menikmati panorama indahnya Bromo. Tapi anda jangan lama lama di atas Gunung Bromo karena bau Belerang sangan menyengat . Setelah anda puas baru anda kembali ke Hotel atau Home Stay. Eitttt kalau sudah sampai hotel / Home Stay jangan pulang dulu karena anda bisa jalan jalan ke pasar tradisonal Tosari yang menyediakan hasil bumi Tengger. Setelah jalan jalan ke pasar baru anda meninggalkan Tosari.( Elmp )

Sumber : hanzbromo

LEAVE A REPLY