PURWODADI – Kejadian teror yang terus meningkat akhir-akhir ini, menjadikan kewaspadaan bagi institusi Polri dan TNI sebagai alat keamanan dan pertahanan negara. Oleh karena itu guna mencegah aksi teror yang meluas sedini mungkin dilakukan upaya-upaya preventif guna menekan aksi teror, salah satunya yaitu kegiatan lomba siskamling tingkat Kabupaten Pasuruan, yang seperti dilaksanakan malami, Jum’at (14/07)  di desa Gajahrejo Kec. Purwodadi Kab. Pasuruan.

Dalam pelaksanaan lomba Siskamling tingkat Kabupaten Pasuruan ini di hadiri langsung oleh Kapolsek Purwodadi AKP Slamet Santoso, S.H, yang didampingi KBO Binmas Polres Pasuruan dan Forpimcam Purwodadi Camat Purwodadi Drs. H. Wardoyo dan Danramil Purwodadi Kapten Joni Efendi.

Dalam sambutan pembukaan lomba siskamling tingkat Kabupaten ini, Kapolsek Purwodadi menyampaikan bahwa Siskamling jangan hanya dijadikan kegiatan formalitas dan aktif hanya untuk lomba, namun apa yang sudah dilombakan hendaknya dapat diaplikasikan dalam kegiatan siskamling sehari-hari, mengingat banyak sekali manfaat dalam siskamling

Selain upaya preventif dalam penanggulangan Kriminalitas seperti pencurian, juga upaya efektif dalam mencegah aksi teror dan aksi radikalisme oleh kelompok tertentu yang ingin mencoba masuk diwilayahnya.

Acara lomba Siskamling yang di mulai pukul 19.30 Wib, diawali dengan peragaan cara penanganan tindak pidana pencurian serta pencak silat oleh warga Ds. Gajahrejo Kec. Purwodadi Kab. Pasuruan yang megikuti lomba siskamling. Kegiatan lomba hingga malam ini dilaporkan masih dalam tahap seleksi dan penilaian-penilaian mulai dari kelengkapan peralatan siskamling dan administrasi siskamling oleh tim juri dari Forpimcam dan fungsi Binmas Polres Pasuruan.

KBO Binmas Polres Pasuruan IPDA Mulyono, S.H. menjelaskan, “Dalam lomba Siskamling ini, di harapkan masyarakat tetap rutin melaksanakan siskamling untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing. sehingga terwujud lingkungan yang aman dan kondusif,” ungkapnya.

Semoga dengan adanya lomba Siskamling tingkat Kabupaten Pasuruan kedepan wilayah hukum Polres Pasuruan mampu mencegah dari segala bentuk kriminalitas dan upaya preventif dalam hal mencegah tumbuh kembangnya kelompok Radialisme dan aksi terorisme.

“Kami selalu meningkatkan Bhabinkamtibmas kami di setiap Polsek – polsek dan juga selalu memberikan binaan dan bimbingan kepada Anggota untuk tetap selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan masyarakat serta tokoh Agama dalam hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas di wilayah hukum Polres Pasuruan dengan cara bertausiah keagamaan serta  terwujudnya Kamtibmas yang aman dan kondusif,” terang Kasat Binmas Polres Pasuruan AKP Agus Mukhlison, S.H.

LEAVE A REPLY