screen-shot-2016-09-24-at-12-58-20-pm Masih ingat akan launching SKCK Online 1 September 2016 oleh Kapolri? Sebenarnya, awal mula SKCK Online tercipta dari dua orang sahabat tak lain tak bukan ialah Kapolres Sidoarjo AKBP. Moh. Anwar Nasir dan Master SEO Polda Jatim M. Khoirul Amin S.H., S.Kom., M.Kom.

Dua orang sahabat yang sudah sepuluh tahun bersama ini dan juga imageberada pada  tim yang sama yakni dalam pembuatan software penyidikan tindak pidana atau yang lebih dikenal dengan nama Crime Investigation System Polda Jatim pada tahun 2006 silam. Dalam tim ini, beliau berdua saling mengisi dan melengkapi dan kadang saling tengkar untuk menyamakan sebuah persepsi tapi itu tidak membuat mereka selesai di tengah jalan karena sahabat adalah selamanya bukan sementara.

screen-shot-2016-09-24-at-12-57-35-pmAdapun software CIS (Crime Investigation System) adalah Software Penyidikan Berbasis IT yang diciptakan Polri di Polda Jatim yang mana telah mendapatkan Hak Cipta dan penghargaan dari Kepolisian Belanda serta FBI dalam teori pemberkasan database & penerapan unsur pasal. Bagi masyarakat yang belum paham mungkin terlihat mudah.

screen-shot-2016-10-06-at-12-34-25-pmSKCK online sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2011 oleh AKBP. Moh. Anwar Nasir (saat itu masih berpangkat Kompol) dan M. Khoirul Amin, kedua sosok tersebut Anwar dan Amin  Memang jika dilihat dari pangkat serta jabatan beliau berdua berbeda, namun bagi beliau pangkat dan jabatan tak ada apa-apanya dibandingkan dengan persahabatan yang memang tak dapat dinilai dengan segalanya. Menariknya, pada hari ini teknologi inovasi pelayanan publik SKCK online Polres Sidoarjo ini mendapat kunjungan Deputi Pelayanan Publik Kemenpan Diah Natalisa didampingi Kapolres Sidoarjo AKBP M. Anwar Nasir dan Pencipta serta Programmer SKCK Online M. Khoirul Amin SH. S.Kom M.KOm ,untuk meninjau langsung ruang tempat pengurusan SKCK online.

screen-shot-2016-10-06-at-12-33-40-pmMenurut AKBP. Moh. Anwar Nasir untuk mengurus SKCK online di Polres Sidoarjo hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. “Ini ruangan sementara untuk mengurus SKCK online di Polres Sidoarjo, dalam mengurus SKCK online ini hanya butuh waktu 3 menit,” ujar AKBP. Moh. Anwar Nasir saat menerangkan pada rombongan Deputi Pelayanan Publik Kementrian PAN RB, Kamis (06/10).

screen-shot-2016-10-06-at-12-33-35-pmNamun, bagi dua orang sahabat ini merupakan langkah awal yang penuh perjuangan dalam melakukan pekerjaan tersebut di dalam Tim. Beberapa perjuangan yang telah dilakukan tak sia-sia, beliau berdua saat ini menjadi sosok luar biasa yang menjadikan Polda Jatim sebagai inovasi percontohan yang mengintegrasikannya dengan IT. Memang terbukti bahwa “Hasil tidak akan mengkhianati sebuah proses”. Sampai saat ini pun dua orang ini tetap menjalin serta menjaga hubungan sahabat tersebut.

LEAVE A REPLY