kota pasuruan adalah merupakan kota yang dijuluki dengan kota santri sehingga seni dan budaya di Kota Pasuruan ini banyak diwarnai dengan nuansa Islami.

Di pasuruan memiliki beragam budaya dan ciri khas yang sangat banyak sehingga Sebagai pemerintah kota pasuruan membentuknya dewan kesenian pasuaruan atau yang disingkat dengan DKP

kota pasuruan memiliki beberapa budaya kesenian dan makanan,adapun kesenian makanan yang ada di pasauruan sebagai berikut:

1.Tari Terbang Bandung

Tari terbang Bandung merupakan drama tari tradisional khas rakyat Pasuruan yang merupakan perkembangan dari seni hadrah. Tari Terbang Bandung ini semacam opera yang menggabungkan antara drama dan musik.

2. Seni Hadrah Al Banjari

Seni Hadrah Al Banjari merupakan suatu seni yang bernuansa Islam. Disebut Al Banjari karena alat terbang serta aturan memukul terbangnya berasal dari Banjarmasin. Meskipun berasal dari luar daerah, kesenian ini sudah memasyarakat di Kota Pasuruan.

Keistimewaan Hadrah Al Banjari terletak pada suaranya yang bertalu-talu ditambah suara bas, jika dicermati mirip musik samba dari Brasil. Hadrah Al Banjari ini sering dimainkan untuk memeriahkan acara sunatan, pernikahan dan pada peringatan hari-hari besar umat Islam seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

3.Tari Merak Abyor

Tari Merak Abyor ini merupakan tari-tarian khas Pasuruan dan pernah ditampilkan pada acara PON tahun 2000 di Sidoarjo, juga pernah meraih sepuluh penyaji terbaik Festival Karya tari Merak pada Gelar Seni Budaya dan Pariwisata Jawa Timur tahun 1998/1999.

Tari merak abyor ini merupakan kreasi Sanggar Tari Dharma Budaya Pasuruan.

Sanggar Seni Dharma Budaya Kota Pasuruan merupakan suatu komunitas kesenian daerahkhususnya seni tari yang masih berkembang sampai saat ini di dilingkungan masyarakat kotaPasuruan yang dikenal sebagai masyarakat yang Islami (masyarakat santri).

4.Tari Kencring Wirasari

Sebuah tari rakyat garapan Sanggar Tari Dharma Budaya Pasuruan yang mengungkapkan gerak gemulai prajurit putrid yang sedang melepaskan lelah sambil menari. Tarian ini melambangkan semaraknya gerak dan gemerincingnya gongseng sebagai penggugah semangat prajurit dengan sepak terjang yang lincah, enerjik dan menarik. Tari Kencring Wirasari ini dijiwai oleh semangat Suropati Wiranegara yang merupakan symbol perjuangan masyarakat Kota Pasuruan.

5.Kotekan Lesung / Tabuh Lesung

Tabuh lesung merupakan suatu bentuk kesenian yang unik dan menarik. Merupakan tradisi masyarakat pedesaan yang selalu dimainkan pada saat para petani panen padi. Dengan menggunakan lesung berukuran panjang +- 3 m , ditabuh oleh 6 orang atau lebih menghasilkan bunyi-bunyian yang indah untuk dinikmati.

6.Pencak Silat Kuntu

Pencak Silat Kuntu merupakan seni bela diri yang sudah ada sejak jaman Pemerintahan Belanda di Indonesia. Padepokan Pencak Silat Kuntu yang berada di Pedukuhan Mancilan sudah ada sejak jaman Belanda. Pencak silat Kuntu teus berkembang dan telah menghasilkan banyak pendekar.

Pendekar Kuntu tidak cukup hanya mengandalkan kekuatan fisik, tetapi juga berusaha mengisi tubuhnya dengan kekuatan kanuragan sehingga memiliki kekebalan tertentu. Selain untuk pertahanan diri, gerakan-gerakan dalam pencak silat ini cukup indah dan mengandung nilai sen

Selain kesenian dan budaya, Kota Pasuruan juga memiliki makanan dan cemilan khasnya. Berikut merupakan berbagai olahan makanan khas dan cemilan khas dari kota Pasurua

Inilah produk pertama Bipang jangkar . Ada Bipang Djangkar Biru (DB), Djangkar Hijau(DH), dan Djangkar Merah(DM). Bipang DB dan DH merupakan bipang rasa vanila. Inilah “original flavour” dari bipang. Kemudian rasa vanila dicoba dikombinasikan dengan susu, sehingga terciptalah Bipang DM. Kemasan kertas ini masih di pertahankan sampai sekarang untuk menjaga keaslian citarasa Bipang.

Bipang jangkar sendiri merupakan olahan dari beras yang kemudian dicampur dengan gula yang melalui proses penjemuran dibawah terik matahari dan kemudian digoreng. Saat ini bipang jangkar di produksi dengan berbagai macam

Laba Rawon Nguling 

rawon ini memiliki perbedaan  dari  rawon biasanya , kluwek ini memakai kluwek betawi ,dengan rasa yang gurih dan sedap menciptakan aroma yang khas berbeda daari rawon biasanya

ini dia cuplikannya

tiga bersaudara klepon,lupis,cenil 

Klepon

klepon adalah makanan khas dari pasuruan yang didalam adonan tersebut berisikan air gula merah , jika dimakan nyess teraa manisnya.

lupis – klanting

cenil memiliki kesamaan dengan kelpon namun bentuknya yang padat. dang gula manisnya di diletakkan dia atas   lupis tersebut.

Nasi Punel Bangi

l

nasi punel bangil memiliki sangat populer dengan rasa yang khas dengan isi daging ,serundeng dan tahu menambah kenikmatan dengan sambal khas bangil

Rawon Sate Komo

rawon ini saama dengan rawonyang lain ,hanya saja ada sate bumbu kacang di di rawon tersebut.sate ini berukuran cukup besar dan empuk sehingga banyak peminat yang makan rawon sate komo tersebut.

Lontong Balap Bumbu Kuning

lontong balap bumbu kuning semacam berisikan tau lontong dan kuah yang sedap

LEAVE A REPLY